Entri Populer

Kamis, 12 April 2012

LAPORAN HASIL OBSERVASI SD N TEGALREJO 4 SALATIGA


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala berkat dan rahmat_Nya, sehingga kami sebagi penulis dapat menyelesaikan laporan penelitian yang bertema tentang penggunaan rancangan pelaksanaan pembelajaran yang digunakan oleh guru di SD N Tegalrejo 4 Salatiga Tahun Pelajaran 2011/2012. Laporan penelitian ini dibuat guna menyelesaikan tugas strategi pembelajaran.
Banyak pihak yang terlibat selama kami melakukan penelitian maupun dalam penulisan hasil penelitian ini. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada:
1.             Bapak Stefanus C.R sebagai dosen yang telah telah memberikan arahan dan bimbingannya dalam penyusunan hasil penelitian ini.
2.              Kepala Sekolah dan Guru di SDN Tegalrejo 4 Salatiga.
3.              Bapak Yustinus sebagai guru kelas V SDN Tegalrejo 4 Salatiga.
4.              Siswa – siswa kelas V Tegalrejo 4 Salatiga.
5.              Orang tua kami yang selalu memberi dukungan selama penelitian.
6.             Teman – teman kelompok penelitian yang telah banyak membantu kami dalam penyusunan laporan penulisan.       
Kami sebagai penulis menyadari dalam menyusun laporan hasil penelitian ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu kritik dan saran sangat penulis harapkan. Akhirnya penulis berharap semoga laporan hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dalam suatu proses pembelajaran harus terjadi kerjasama yang baik antara siswa dan guru. Guru sebagai fasilitator dalam proses keberhasilan pembelajaran harus bisa menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Pada anak usia sekolah dasar, anak cenderung lebih tertarik pada pemebalajaran yang melibatkan mereka secara langsung, karena mereka akan lebih paham dan mengerti dengan pembelajaran yang konkret. Guru menjadi faktor penentu manakala siswa sudah tidak mulai tertarik dengan pembelajaran, itu sebabnya sebagai guru yang profesional harus bisa mengondisikan semua aspek pembelajaran menjadi satu kesatuan yang utuh, baik dari aspek persiapan guru seperti materi pembelajaran dan pada aspek teknis di sekolah.
Permasalahan pendidikan akan selalu muncul bersamaan dengan berkembang dan meningkatnya kemampuan siswa, situasi dan kondisi lingkungan yang ada. Oleh karena itu sangat penting bagi guru untuk menjadikan suatu pembelajaran menjadi tempat berkumpulnya pemikir – pemikir muda ( siswa ) yang hebat melalui berbagai pendekatan, model serta metode yang cocok untuk diterapkan pada anak usia sekolah dasar, yang pada akhirnya peserta didik memliki life skill yang baik sebagai bekal di masa yang akan datang. Guru harus bisa merangkum itu semua menjadi sebuah strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Penelitian di kelas 5 SD N Tegalterjo 4 Salatiga ini dilaksanakan untuk mengetahui bahwa guru melakukan pengajaran di dalam kelas dengan menggunakan sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran, sehingga dalam proses pembelajaran, guru mempunyai acauan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana pembelajaran yang dilakukan guru di kelas 5 SD N Tegalrejo 4?
2.      Apakah guru kelas 5 SD N Tegalrejo 4  menggunakan model atau metode yang tepat?
3.      Apa pendekatan yang digunakan guru dalam pembelajaran?
4.      Bagaimana guru meningkatkan life skill?

C.    Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah diatas dapat diketahui tujuan dari penelitian ini adalah :
1.      Mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan guru kelas 5 SD N Tegalrejo 4 Salatiga.
2.      Menganalisis model atau metode yang digunakan guru kelas 5 SD N Tegalrejo 4 Salatiga.
3.      Menganalisis pendekatan yang digunakan guru dalam pembelajaran.
4.      Menganalisis cara guru dalam meningkatkan life skill.

D.    Manfaat Penulisan
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
1.      Bagi Guru
Sebagai masukan dalam mengelola dan meningkatkan kedisiplinan belajar serta dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran agar pemebelajaran yang diharapkan dapat tercapai dengan baik. Serta guru dapat menciptakan pembelajaran yang menarik dan interaktif.

2.      Bagi SDN  Tegalrejo 4 Salatiga
Dengan adanya penelitian tentang penggunaan rencana pelaksanaan pembelajaran maka diharapkan dapat dipakai sebagai  bahan pertimbangan untuk menilai guru yang mengajar.

3.      Bagi Penulis
Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan dengan terjun langsung ke lapangan  dan memberikan pengalaman belajar yang menumbuhkan kemampuan dan ketrampilan meneliti serta pengetahuan yang lebih mendalam terutama pada bidang yang dikaji.

 
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pembelajaran Guru di Kelas
Guru merupakan kunci sentral atas keberhasilan pembelajaran, sebagai guru yang akan mempengaruhi kehidupan para murid. Guru seolah – olah sedang memimpin konser saat berada di ruang kelas. Guru memahami sekali bahwa setiap murid  memiliki karakter masing – masing, sebagai mana alat musik seperti seruling, gitar, misalnya memiliki suara yang berbeda. Bagaimana setiap karakter dapat memiliki peran dan membawa sukses dalam belajar. Proses belajar atau mengajar adalah fenomena yang kompleks, segala sesuatu berarti setiap kata, pikiran, tindakan, dan asosiasi dan sampai sejauh mana Guru dapat mengubah lingkungan, presentasi, dan rancangan pengajaran, sejauh itu pula proses belajar berlangsung. ( Lozanov, 1978 ). Guru harus dapat membawa siswa kedalam dunia yang akan mereka ajarkan serta antarkan dunia kita kepada para siswa.
Proses Pembelajaran akan berjalan dengan baik jika mengguankan sebuah urutan atau aturan yang sudah dipersiapkan sebelum pembelajaran dilakukan. Guru menetukan stategi pembelajaran yang cocok untuk peserta didik. Semua kegiatan pembelajaran ini tercantum dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Setelah melakukan Penelitian di SD N Tegalrejo 4 Salatiga, bahwa guru kelas 5 SD Tegalrejo 4 Salatiga sudah menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran serta model pembelajaran yang cocok bagi peserta didik, karena pembelajaran dapat mengaktifkan siswa untuk berpikir kritis, hal ini sesuai dengan pendekatan yang dilakukan oleh guru yaitu pendekatan induktif.

B.     Pendekatan Pembelajaran
Dalam pembelajaran di kelas 5 SD N Tegalrejo 4 Salatiga yang diterapkan pada pembelajaran matematika dengan materi jaring – jaring kubus, guru kelas menerapkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Induktif. Pendekatan Induktif adalah pendekatan yang dilakukan untuk membangun sebuah teori berdasarkan hasil pengamatan atau observasi. Suatu observasi yang dilakukan berkali – kali akan membentuk sebuah pola tertentu ( dari hal – hal khusus ke umum ). Pendekatan induktif ini dikembangkan oleh filosof Perancis Bacon yang menghendaki penarikan kesimpulan didasarkan atas fakta-fakta yang kongkrit sebanyak mungkin. Semakin banyak fakta semakin mendukung hasil simpulan. Pendekatan induktif dirancang berlandaskan teori konstruktivisme dalam belajar. Selain itu juga membutuhkan guru yang terampil dalam bertanya dalam penerapannya. Melalui pertanyaan – pertanyaan inilah guru akan membimbing siswa membangun pemahaman terhadap materi pelajaran dengan cara berpikir dan membangun ide. Tingkat keefektifan pendekatan pembelajaran induktif ini, jadinya sangat tergantung pada keterampilan guru dalam bertanya dan mengarahkan pembelajaran, di mana guru harus menjadi pembimbing untuk membuat siswa berpikir.
Dalam penerapan pendekatan induktif ini, guru kelas 5 SD N Tegalrejo 4 Salatiga, pertama yang dilakukan dalam inti pembelajaran adalah  memberikan sebuah penejelasan tentang materi jaring – jaring kubus, kemudian siswa harus membuktikan secara mandiri secara individu maupun kelompok dengan melakukan percobaan dan observasi dengan membuat model – model jaring – jaring kubus. Guru sebelumnya sudah menyiapkan potongan – potongan karton kecil – kecil untuk dibagikan pada siswa sebagai bahan untuk membuat jaring – jaring kubus. Dengan demikian siswa dapat mengonstruksikan pemikirannya untuk terus menggali semua pengetahuan dengan keterampilan membuat jaring – jaring, selain itu secara langsung akan sedikit demi sedikit akan terbentuk life skill anak yang mandiri dalam memecahkan permasalahan tanpa rasa takut akan kegagalan. Dengan percobaan secara langsung maka akan timbul rasa percaya diri pada anak dan akan menumbuhkan semangat belajar yang tinggi, karena pada dasarnya anak usia sekolah dasar sangat cocok dengan pembelajaran secara konkret.

C.    Model Pembelajaran
Model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan materi jaring – jaring kubus yang digunakan oleh guru kelas 5 SD N Tegalrejo 4 Salatiga adalah dengan mengguankan model pembelajaran Pair Checks. Guru membentuk kelompok sepasang sebangku, kemudian memberikan tugas membuat jaring-jaring kubus dengan menggunakan potongan karton kecil – kecil. Model Pair Checks ini, siswa dintuntut untuk bekerjasama untuk menghasilkan sebuah pemikiran seperti menentukan jaring – jaring kubus. Pair checks ( pasangan mengecek ) adalah model pembelajaran berkelompok atau berpasangan yang dipopulerkan oleh Spencer Kagen tahun 1993. Model ini menerapkan pembelajaran berkelompok yang menuntut kemandirian dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan persoalan yang diberikan. Dalam penerapan model pair checks dalam pembelajaran matematika tentang jaring – jaring kubus di kelas 5 SD Tegalrejo 4 Salatiga guru menggunakan langkah – langkah pembelajaran sebagai berikut :
1). Guru menentukan dan menjelaskan konsep permasalahan ( konsep tentang jaring – jaring kubus )        
2). Bekerja Berpasangan
Guru membentuk tim berpasangan, setiap pasang berjumlah 2 (dua) siswa. Setiap pasangan   membuat jaring – jaring kubus dari potongan kardus.
2). Pelatih Mengecek
Setiap partner didalam kelompok saling membantu dalam menegrjakan tugasnya dalam membuat jaring – jaring kubus,  setelah yakin dengan hasilnya, salah satu patner maju kedepan untuk melihatkan jaring – jaring kubus pada semua temannya. Di sinilah tugas guru untuk mengecek jawaban siswa, jika jaring – jaring kubus yang dibuat benar, jaring – jaring kubus di tempel di depan, tapi jika salah siswa kembali harus memperbaiki sampai menemukan bentuk jaring – jaring yang dapat dibentuk menjadi kubus.
3). Bertukar Peran
Seluruh patner bertukar peran, maksudnya siswa bergantian ketika maju. Jadi jika salah satu pasangan maju pada kegiatan pertama, maka pasangan yang satunya maju pada kegiatan kedua. Banyak kegiatan yang dilakukan tergantung dari setiap guru.
4). Pasangan Mengecek
Seluruh pasangan tim kembali bersama dan membandingkan jawaban.Jadi saat salah satu pasangan dari tim lain maju, maka pasangan tim lainnya mengecek bersama – sama, apakah jaring – jaring yang diperlihatkan bisa dibentuk sebuah kubus.
5). Penegasan Guru
Guru mengarahkan jawaban /ide sesuai konsep. Ketika pasangan tim lain memeberikan komentar pada tim yang maju guru harus meberikan penegasan kemabali atas jawaban siswa.
Setelah kami melakukan penelitian terhadap cara pengajaran guru kelas 5 SD Tegalrejo 4 Salatiga, bahwa model pembelajaran yang diterapkan oleh guru bisa diterima dengan baik oleh siswa, karena siswa dapat mengikuti pembelajaran yang dilakukan dari awal sampai akhir. Ada kelebihan dan kekurangan model pair checks yang diterapkan pada pembelajaran di kelas 5 SD Tegalrejo 4 Salatiga.
Kelebihannya pembelajaran menjadi aktif, siswa sangat antusias untuk maju kedepan untuk menunjukan hasil karyanya ( jaring – jaring kubus ).  Setiap siswa sangat antusias untuk mengikuti setiap instruksi guru, setiap siswa mencoba untuk membuat bentuk – bentuk jaring – jaring kubus, semua siswa aktif saling bekerjasama dalam kelompok.
Kekurangannya membutuhkan pemikiran dan konsentrasi yang tinggi, bagi anak usia sekolah dasar pemikiran dan konsentrasi yang tinggi sulit untuk dilakukan. Selain itu ada sedikit masalah ketika akhir dari pembelajaran, guru akan memberikan penugasan akhir untuk mengevaluasi kemampuan siswa dalam menyerap materi yang telah diajarkan, guru memberikan lima buah soal yang ditampilkan pada LCD karena lampu mati akhirnya sisw diberikan tugas untuk menggambar lima buah jaring- jaring yang bisa dibuat menjadi kubus sesuai daya ingat mereka. Pembelajaran tetap dapat berjalan lancar, karena dari awal siswa sudah tertarik dan sangat antusias untuk mengikuti seluruh jalannya kegiatan pembelajaran.
 
D.    Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan adalah dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, praktikum, dan penugasan. Metode yang dipilih juga sangat menentukan keberhasilan pembelajaran, karena merupakan salah satu komunikasi atau pentransferan ilmu baik dari guru ke siswa, siswa ke guru, maupun siswa ke siswa. Dengan metode akan terjadi pertukaran pemikiran yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai cara atau solusi dari pemecahan masalahan yang sedang dihadapi. Dengan metode ceramah, siswa dapat menerima informasi secara langsung dari narasumber yang bisa dipercaya ( guru ), dengan metode diskusi, siswa dapat saling bertukar informasi, serta dapat menumbuhkan kerjasama yang baik. Di dalam ceramah pasti akan terjadi tanya jawab, dengan tanya jawab, siswa dapat bertanya materi apa yang belum dipahami, dan guru memberikan jawaban. Untuk memecahkan permasalahan tentang bentuk – bentuk jaring – jaring  kubus, siswa melakukan praktikum dengan membuat bentuk – bentuk jaring – jaring kubus, dengan bimbingan guru ( inkuari terbimbing / penemuan terbimbing ). Selain itu menjadi hal yang sangat penting yaitu penugasan, setelah akhir praktikum siswa diberikan tugas untuk menulis kembali bentuk – bentuk jaring – jaring kubus yang telah ditemukan didalam buku catatan dengan menggunakan penggaris. Setelah itu dinilai, sehingga guru dapat mengetahui sejauh mana tingkat penguasaan siswa terhadap materi, serta siswa pun juga dapat megetahuai sejauh mana kemampuan pada dirinya.

E.     Peningkatan Life Skill
Dalam pembelajaran matematika yang dialakukan oleh guru di kelas 5 SD N Tegalrejo 4 Salatiga, ini sangat menarik karena anak dituntut untuk bisa menggunakan seluruk pengetahuan serta kemampuannya dalam memcahkan masalah. Guru memberikan permasalahan dengan memberikan tugas pada peserta didik untuk bisa menemukan bentuk jaring – jaring kubus sebanyak yang bisa mereka temukan. Hal ini dapat dapat dikatakan meningkatan life skill anak, karena secara mandiri dengan pengawasan serta bimbingan guru anak bisa memecahkan masalah yang mereka hadapi. Mereka juga tidak menyerah sampai gurulah yang harus menentukan batas waktu dalam pemecahan masalah tersebut. Setelah waktu yang ditentukan sudah selesai peserta didik dengan luar biasa dapat menemukan sebelas bentuk jaring – jaring kubus dengan bentuk yang berbeda. Tetapi untuk membuktikan bahwa peserta didik ini benar – benar sudah mengetahui dan paham akan bentuk – bentuk jaring – jaring kubus, guru terus memancing anak untuk menemukan lagi bentuk lain jaring – jaring kubus yang belum ditemukan. Anak – anak pun masih sangat antusias dan mencoba dan terus mencoba untuk menemukan lagi. Hal ini juga dapat membuktikan bahwa peserta didik tidak cepat menyerah serta tidak cepat puas terhadap hasil yang mereka capai,mereka akan terus beruasaha sampai benar – benar yakin akan hasil yang mereka mau. Ini sanagat baik ketika anak mengahadapi masalah diluar permasalahan pelajaran, anak diharapkan pula untuk jangan cepat menyerah dan selalu optimis dalam menjalani kehidupannya. 


BAB III
PENUTUP
Berdasarkan hasil penelitia dan pembahasan penelitian sebagaimana dikemukakan pada bab sebelumnya, dapat diambil kesimpulan, dan saran sebagai berikut:
1.      Kesimpulan
Pendekatan, model, serta metode pembelajaran pada pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas 5 SD Tegalrejo 4 Salatiga dapat dikatakan berhasil dengan baik, karena peserta didik dapat aktif dalam pembelajara yaitu dengan aktif untuk membentuk jaring – jaring kubus, setelah mencoba – coba untuk membentuk jaring – jaring kubus dan mereka sudah merasa hasil karya mereka benar, siswa akan maju ke depan untuk memamerkan hasil karyanya. Guru menggunakan pendekatan induktif, model Pair Checks (berpasangan sebangku dengan membuat jaring-jaring kubus) dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, partikum, dan penugasan untuk mengaplikasikan dalam proses pengajaran. Selain itu rencana pelaksanaan yang telah disusun guru sudah dilaksanakan sesuai dengan urutan yang benar. Pada akhir pembelajaran untuk mengetahui bahwa siswa dapat menyerap materi pembelajaran dengan baik, guru mengukur kemampuan peserta didik dengan memberikan penugasan. Setelah semua peserta didik mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan, guru memberikan nilai pada pekerjaan peserta didik. Hal ini sangat penting dilakukan, karena umpan balik yang positif akan memotivasi siswa untuk selalu giat belajar. Selain itu pembelajaran dengan model pair check ini juga untuk melatih rasa sosial siswa, kerja sama dan kemampuan memberi siswa dalam memberikan penilaian.

2.      Saran
Dalam suatu proses pembelajaran yang perlu diperhatikan oleh guru adalah kesesuaian proses pembelajaran dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah disusun. Selain itu guru juga harus menggunakan model, pendekatan dan metode yang tepat sehingga peserta didik dapat menerima informasi dengan optimal dan dapat meningkatkan life skill. Kemandirian siswa dalam memecahkan suatu permasalahan dalam proses pembelajaran juga sangar ditekankan, agar siswa tidak mudah menyerah dalam mengikuti pembelajaran. Guru sebagai pemimpin dalam kelas diharapkan untuk memberikan lebih motivasi serta penghargaan berupa pujian pada peserta didik, dan sugestikan pada pemikiran, bahwa setiap peserta didik memliki pengetahuan, disinilah guru berperan sangat penting untuk menerapkan serta membimbing peserta didik untuk mengeksplor semua pengetahuan mereka.

 
DAFTAR PUSTAKA

http://syariffauzan.blogspot.com/2011/11/model-pembelajaran-pair-check.html


RPP ASLI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SD Negeri Tegalrejo 04
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas, Semester : V, II
Waktu : 2 x pertemuan ( @ 70’ )
Kompetensi Dasar : 6. 3 Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
Indikator : Menentukan jarring-jaring kubus
Karakter Bangsa : Kreatif, Bekerjasama,


I. Tujuan Pembelajaran
1.      Diberikan 6 potong persegi, siswa dapat membentuk lebih dari 3 jaring-jaring kubus
2.      Disajikan susunan 6 persegi siswa dapat menentukan yang merupakan jarring-jaring kubus
3.      Disajikan suatu jarring-jaring kubus, siswa dapat menentukan sisi-sisi yang saling sejajar
4.      Disajikan suatu jarring-jaring kubus, siswa dapat menentukan sisi-sisi yang saling berpotongan (berhimpit pada salah satu rusuknya)
II. Pokok-pokok materi
1.      Ciri-ciri kubus
2.      Memiliki 6 sisi, tiap sisi berbentuk persegi
3.      Memiliki titik sudut sebanyak 8
4.      Memiliki rusuk sebanyak 12

Pengertian jarring-jaring
Jaring-jaring adalah rebahan sisi-sisi pembentuk bangun ruang. Jadi jarring-jaring kubus adalah rebahan seluruh persegi-persegi pembentuk sisi-sisi kubus. Dengan kata lain jarring-jaring kubus merupakan bangun datar yang tersusun oleh enam persegi sedemikian hingga keenamnya membentuk kubus.

Pola jaring-jaring kubus
Pola 1 – 4 – 1

,





Pola 1 – 3 – 2
 








Pola 2 – 2 – 2
 







Pola 3 – 3


 












III. Sumber dan Media Pembelajaran

Sumber materi :
a. Buku Matematika BSE Kelas V Karangan YD Sumanto halaman 158-159
b. Ensiklopedi Matematika karangan ST Negoro dan B Harahap, penerbit Erlangga halaman 145

Media Pembelajaran :
Potongan-potongan persegi dari kertas karton, Gunting/pisau, perekat (Selotip)

IV. Proses Pembelajaran

Pertemuan I
Pendahuluan :
·         Tanya jawab tentang benda-benda yang pernah dijumpai siswa yang berbentuk kubus
·         Tanya jawab tentang cirri-ciri kubus.
·         Pembagian kelompok dan penjelasan tugas.

Inti :
·         Siswa bekerja dalam kelompok membentuk jarring-jaring kubus berdasar persegi-persegi yang sudah diterima (Tiap kelompok 2 orang)
·         Siswa menggambar bentuk jarring-jaring pada buku individu
·         Presentasi kelompok (Menempel jarring-jaring hasil bentukannya)

Penutup :
·         Tanya jawab/komentar/Konfirmasi atas gambar jarring-jaring kubus yang sudah dihasilkan
·         Penarikan simpulan tentang pola jarring-jaring kubus.
·         Siswa mengerjakan lembar evaluasi (Pertemuan II)
V. Evaluasi

Prosedur Evaluasi : Tes dan Non-Tes
Bentuk : Produk (non-tes), Tes: Pilihan Ganda , Isian, dan Uraian
Soal Evaluasi : (Terlampir)




    Salatiga, Maret 2012


Guru Kelas V
     Yustinus, S.Pd., M.Pd
                                                                                                            NIP: 19660103 199303 1 010


Lampiran-Lampiran RPP
Produk (Soal non tes) jumlah jarring-jaring yang dihasilkan oleh kelompok.
No Kelompok
Nama Anggota Kelompok
Banyak jarring-jaring
1


2


3


4


5


6


7


8


9


10


11


12


13


14





Soal Post Test
I. Pilihlah huruf di depan jawaban yang benar!
1.  Perhatikan gambar di bawah ini!
 







Yang bukan jarring-jaring kubus adalah …
a.  A dan B
b.  A dan C
c.  B dan C
d.  C dan D
2.  Perhatikan gambar di bawah ini!





Yang merupakan jarring-jaring kubus adalah …
a.  A dan B
b.  B dan C
c.  A dan D
d.  D dan C
3.  Berdasar gambar K, nomor 3 sejajar dengan nomor …
a.  2
b.  4                                                                                                 
c.  5
d.  6


4.  Berdasar gambar K, nomor 5 tidak berpotongan dengan nomor ….
a.  1
b.  2
c.  3
d.  4
5.  Pada jarring-jaring kubus di bawah ini, Jika dibentuk kubus dan direkatkan, maka
nomor 2 akan bergandengan dengan ….
a.  1, 3 , 4
b.  3, 4, 5
c.  1, 3, 4, 6
d.  1, 3, 5, 6


Isilah dengan jawaban yang tepat!
1.      Kubus memiliki sisi sebanyak ….
2.      Seluruh sisi kubus berbentuk ….
3.       Jaring-jaring kubus tediri dari … persegi
4.       Perhatikan jarring-jaring kubus di samping ini!Sisi bernomor 2, sejajar dengan sisi bernomor ….  
5.      Berdasar Gb. A, sisi bernomor 1 tidak berpotongan dengan sisi bernomor ...

II.  Gambarlah 5 jaring-jaring kubus selain yang ada di bawah ini!
 

6.       

RPP PERBAIKAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan    : SD Negeri Tegalrejo 04
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas, Semester          : V, II
Waktu                                    : 2 x pertemuan ( @ 70’ )
 

A.    Standart Kompetensi :
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
B.     Kompetensi Dasar :
6. 3 Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
C.    Indikator
·         Menentukan jaring-jaring kubus
D.    Tujuan Pembelajaran
·         Setelah diberikan 6 potong persegi, siswa dapat membentuk lebih dari 3 jaring-jaring kubus
·         Setelah disajikan susunan 6 persegi siswa dapat menentukan yang merupakan jarring-jaring kubus
·         Setelah disajikan suatu jarring-jaring kubus, siswa dapat menentukan sisi-sisi yang saling sejajar
·         Setelah disajikan suatu jaring-jaring kubus, siswa dapat menentukan sisi-sisi yang saling berpotongan (berhimpit pada salah satu rusuknya)
E.     Materi ajar
·         Ciri-ciri kubus
·         Memiliki 6 sisi, tiap sisi berbentuk persegi
·         Memiliki titik sudut sebanyak 8
·         Memiliki rusuk sebanyak 12
Pengertian jaring-jaring
Jaring-jaring adalah rebahan sisi-sisi pembentuk bangun ruang. Jadi jarring-jaring kubus adalah rebahan seluruh persegi-persegi pembentuk sisi-sisi kubus. Dengan kata lain jaring-jaring kubus merupakan bangun datar yang tersusun oleh enam persegi sedemikian hingga keenamnya membentuk kubus.

Pola jaring-jaring kubus
Pola 1 – 4 – 1
·          
·         ,
·          
·          
·          
·          
·          
·         Pola 1 – 3 – 2
 
·          
·          
·          
·          
·          
·          
·          

Pola 2 – 2 – 2
 
·          
·          
·          



Pola 3 – 3
·        


 



·          
·          
·          
·          
·          
·          


F.     Pendekatan
·         Induktif
G.    Model Pembelajaran
·         Pair Checks (berpasangan sebangku dengan membuat jaring-jaring kubus)
H.    Metode Pembelajaran
·         Diskusi
·         inkuari
·         Tanya Jawab
·         Praktikum
I.       Kegiatan Pembelajaran
NO
URAIAN
ALOKASI WAKTU
KARAKTER
1
Kegiatan Awal
·         Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama masig-masing
·         Guru melakukan absensi
·         Apersepsi
·         Pemberian motivasi
·         Orientasi
5 menit
Disiplin, rasa hormat
2
Kegiatan Inti
&  Eksplorasi
·        Guru menyiapkan potongan-potongan persegi dari kertas karton untuk merakit jaring-jaring bangun ruang
·         Guru menjelaskan cara kerja
·         Siswa bekerja dalam kelompok membentuk jarring-jaring kubus berdasar persegi-persegi yang sudah diterima (Tiap kelompok 2 orang)

&  Elaborasi
·        Setelah siswa selesai merakit potongan-potongan kertas itu kemudian siswa menempel hasil pekerjaannya di depan kelas
·        Siswa membuat laporan dengan menggambar jaring-jaring yang sudah dibuat di dalam buku
·        Setelah membuat jaring-jaring kubus, siswa dapat menentukan sisi-sisi yang saling berpotongan (berhimpit pada salah satu rusuknya)
&  Konfirmasi
·       Memberikan umpan balik yang positif
·       Melakukan tanya jawab
60 menit
Tanggung jawab, kerjasama,
Ketelitian, kreatif
3
Kegiatan Penutup
·         Tanya jawab/komentar/Konfirmasi atas gambar jarring-jaring kubus yang sudah dihasilkan
·         Penarikan simpulan tentang pola jarring-jaring kubus.
·         Siswa mengerjakan lembar evaluasi (Pertemuan II)

5 menit


J.      Sumber dan Bahan Belajar
·         Buku Matematika BSE Kelas V Karangan YD Sumanto halaman 158-159
·         Ensiklopedi Matematika karangan ST Negoro dan B Harahap, penerbit Erlangga halaman 145
·         Potongan-potongan persegi dari kertas karton
·         Gunting/pisau
·         Perekat (Selotip)
K.    Penilaian
·         Prosedur Evaluasi : Tes dan Non-Tes
·         Bentuk : Produk (non-tes), Tes: Pilihan Ganda , Isian, dan Uraian
·         Soal Evaluasi : (Terlampir)

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o    Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana

Tugas Kelompok
Unjuk kerja

o    Buatlah jaring-jaring bangun ruang dengan merakit kepingan-kepingan kertas

Tugas Individu
Soal Evaluasi
(Terlampir)

Lembar Pengamatan
Nama Kelompok         : 1                                Kelas...............Bulan..........Tahun...........
                                      2
Perilaku
Jenjang Nilai

1
2
3
4
1.      Mempersiapkan alat dengan benar




2.      Keaktifan siswa




3.      Kreatifitas siswa




4.      Kerjasama siswa




5.      Ketelitian siswa




6.      Banyaknya jaring-jaring yang dibuat siswa