Entri Populer

Senin, 22 April 2013

RPP MATEMATIKA KELAS 4 SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATEMATIKA KELAS VI SEMESTER 1
PENGOLAHAN DATA
MICRO TEACHING

C:\Users\HP 430\Pictures\Logo UKSW\index.jpeg

Disusun Oleh :
HESTI WAHYU AMALIYA
292010062
RS10C



S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
SALATIGA
2013                                                                                        



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                               : SD Mandiri
Mata Pelajaran                  : Matematika
Kelas/Semester                   : VI/ 1
Pertemuan Ke-                  : 1
Alokasi Waktu                   : 15 menit
Materi Pokok                     : Pengolahan Data


A.    Standar Kompetensi
Pengolahan Data
7.   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data

B.     Kompetensi Dasar
7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram batang

C.    Indikator
·         Siswa dapat membaca data yang disajikan dalam bentuk tabel dan diagram batang dengan benar
·         Siswa dapat mengolah dan dan menyajikan data dengan benar
·         Siswa dapat membuat kesimpulan sendiri tentang mengolah dan menyajikan data secara tepat.

D.    Tujuan Pembelajaran
§        Setelah melihat demonstrasi dari guru mengenai pengolahan data, siswa mampu membaca data yang disajikan dalam bentuk kolom dan diagram batang dengan benar.
§        Setelah melakukan diskusi kelompok kecil dalam mengolah data, siswa mampu mengumpulkan dan menyajikan data menggunakan tabel dan diagram batang dengan benar.
§        Setelah mencocokan tugas bersama guru, siswa dapat membuat kesimpulan sendiri tentang mengolah dan menyajikan data dengan benar.

v                                         Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin, rasa hormat dan perhatian, tekun dan tanggung jawab

E.     Materi Ajar (Lampiran 1)
Penyajian dan Pengolahan Data
§                    Menyajikan data dengan menggunakan tabel dan diagram batang

F.     Model dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran       : Cooperative Learning
Tipe Pembelajaran       : TPS (Thinking Paired And Share) berfikir berpasangan dan berbagi
Metode Pembelajaran     : Ceramah, diskusi, presentasi, pemberian tugas.
G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
a.      Kegiatan Awal
§         Apersepsi
F     Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam.
F     Guru memeriksa kehadiran siswa.
F     Guru mengkondisikan peserta didik untuk siap menerima materi.
F     Guru mengingatkan materi sebelumnya.
F     Guru bertanya kepada siswa mengenai gambar diagram yang pernah mereka lihat disekitarnya? (di kantor kelurahan, kantor guru, kantor polisi atau melihat dari media massa),  siswa menanggapi dan guru meluruskan jawaban.
b.      Kegiatan Inti
§         Eksplorasi
F     Guru bertanya kepada salah satu siswa “berapa banyak saudara kandungnya?”
F     Guru membuat tabel dan diagram batang sesuai data yang di
§     Elaborasi
F     Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil @ 2 anak (bersama teman sebangkunya)
F     Guru membagikan amplop rahasia yang berisi soal
F     Guru menjelaskan langkah-langkah dan peraturan untuk mengikuti kegiatan belajar.
F     Siswa berdiskusi bersama dan mengutarakan hasil pemikiran dengan bimbingan guru, kemudian hasil pemikiran kelompok ditulis di lembar jawaban yang sudah di sediakan
F     Setelah selesai, perwakilan setiap kelompok maju kedepan untuk mempresentasikan hasil diskusi dengan berani.
F     Siswa dan guru bersama-sama membahas hasil pemikiran setiap kelompok, kemudian dicocokan dengan melihat flipcard yang berisi jawaban yang sudah disiapkan oleh guru
F     Guru meluruskan jawaban peserta didik yang kurang tepat




§     Konfirmasi
F     Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui kesimpulan materi yang sudah dipelajari
F     Memberikan feedback serta apresiasi dari apa yang telah dilakukan siswa
F     Memberikan penguatan kepada setiap siswa
c.            Kegiatan Penutup
F     Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
F     Mengucapkan salam

H.    Media dan Sumber Belajar
·         Gambar Tabel dan Diagram Batang
·         Whiteboart, flipcard, amplop rahasia
·         Buku BSE Bersahabat Dengan Matematika Kelas 6 SD, A. Dadi Permana dan Triyati

I.       Penilaian (Lampiran 2)
Prosedur            : Proses dan hasil belajar
Teknik                 : Tes (diskusi, presentasi)
                              Non tes (tes formatif)
Instrumen           : Rubrik penilaian diskusi, presentasi, dan soal.






                                                                                       Salatiga ,    April  2013

        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :



(Lampiran 1)
MATERI AJAR

A. PENGOLAHAN DATA
1. Mengumpulkan dan Membaca Data
Kiki ingin mengetahui jenis buah-buahan yang disukai teman-temannya. Untuk itu, Kiki bertanya kepada setiap temannya mengenai buah-buahan yang mereka sukai. Dari 15 orang temannya, Kiki memperoleh data sebagai berikut:
·         4 orang menyukai jeruk.
·         5 orang menyukai apel.
·         3 orang menyukai mangga.
·         3 orang menyukai rambutan.
Dalam hal ini, Kiki telah mengumpulkan data mengenai jenis buah-buahan yang disukai teman-temannya. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara pencatatan langsung maupun dengan cara mengisi lembar isian.
@     Contoh lain:
Siswa Kelas VI yang berjumlah 30 orang telah selesai melaksanakan ulangan Matematika. Kemudian, ibu guru memeriksanya dan mencatat hasil ulangan Matematika setiap siswa sebagai berikut:
6, 6, 7, 7, 8, 5, 9, 7, 6, 7
8, 8, 8, 6, 5, 6, 6, 7, 9, 6
7, 7, 8, 8, 7, 8, 9, 9, 7, 5
Ibu guru ingin mengelompokkan nilai yang diperoleh setiap siswa tersebut. Ada berapa orang yang mendapat nilai 7? Ada berapa orang yang mendapat nilai 8?
Nilai
Banyak Siswa
5
3
6
7
7
9
8
7
9
4
Jumlah
30
Dari tabel tersebut diketahui bahwa siswa yang mendapat nilai 5 ada 3 orang. Siswa yang mendapat nilai 6 ada 7 orang, siswa yang mendapat nilai 7 ada 9 orang, siswa yang mendapat nilai 8 ada 7 orang, dan siswa yang mendapat nilai 9 ada 4 orang.
2.    Menyajikan Data Ke Bentuk Diagram Batang
Data olahraga yang digemari siswa kelas VI di depan disajikan dalam bentuk tabel. Selain dalam bentuk tabel, data dapat disajikan dalam bentuk diagram. Bentuk diagram yang biasa digunakan yaitu diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran. Bagaimana bentuk dan cara membaca diagram-diagram tersebut?
Contoh:
·         Tabel dan diagram berikut menyajikan banyak siswa yang tidak masuk sekolah dari bulan Januari sampai dengan Juni.
1.        Tabel
Bulan
Banyak Siswa
Januari
2
Februari
4
Maret
3
April
6
Mei
8
Juni
7

2.        Diagram Batang
           
Dari diagram-diagram di atas dapat diketahui siswa yang tidak masuk sekolah setiap bulannya.
Contoh:
1. Pada bulan Januari siswa yang tidak masuk 2 orang.
2. Pada bulan April siswa yang tidak masuk 6 orang.
3. Pada bulan Maret terjadi penurunan siswa yang tidak masuk dari bulan Februari.

(Lampiran 2)
RUBRIK PENILAIAN DISKUSI

Nama                           :
Kelas / semester          :
Kelompok                   :

NO
INDIKATOR
SKOR
1
2
3
4
1
Siswa bertanggung jawab dalam berdiskusi




2
Siswa melakukan kerjasama dengan anggota kelompoknya




3
Kedisiplinan dalam diskusi




Jumlah Skor




 
Keterangan:
·         Indikator Tanggung Jawab
Sangat bertanggung jawab                                        :    skor 4
Bertanggung jawab                                                   :    skor 3
Kurang bertanggung jawab                                       :    skor 2
Tidak bertanggung jawab                                          :    skor 1
·         Indikator Kerjasama
Selalu bekerjasama                                                    :    skor 4
Bekerjasama                                                              :    skor 3
Kurang bekerjasama                                                  :    skor 2
Tidak mau bekerjasama                                             :    skor 1
·         Indikator Kedisiplinan dalam berdiskusi
Sangat disiplin dalam berdiskusi                               :    skor 4
Disiplin dalam berdiskusi                                          :    skor 3
Kurang disiplin dalam berdiskusi                              :    skor 2
Tidak disiplin dalam bekerjasama                             :    skor 1`
·                                                                                                                                                                              Jumlah skor maksimum seluruh indikator perilaku       :                                                                                   4 x 3 = 12
·                                                                                                                                                                              Jumlah skor minimum seluruh indikator perilaku         :                                                                                   1 x 3 = 3
·                                                                                                                                                                              Nilai ideal         :           100
·                                                              x nilai ideal






Performansi / presentasi/ penyampaian hasil diskusi
RUBRIK PENILAIAN PRESENTASI
No
Indikator Peilaku yang Dinilai
Skor Penilaian
1
2
3
4
1
Dalam menyampaikan presentasi




2
Tingkat kebenaran/ keaslian data hasil pengamatan




3
Menjawab pertanyaan kelompok lain




4
Penggunaan bahasa dalam presentasi





KETERANGAN :
1.             Dalam menyampaikan presentasi
Skor 1 jika tidak ada yang bersedia menyampaikan.
Skor 2 jika berani maju namun dengan rasa takut/ gugup.
Skor 3 jika berani menyampaikan hanya 2 dari anggota kelompok.
Skor 4 jika semua anggota kelompok berani menyampaikan dengan jelas.
2.             Tingkat kebenaran/ keaslian data hasil pengamatan
Skor 1 jika yang disampaikan tidak tepat atau < 30%
Skor 2 jika yang disampaikan tingkat kebenarannya  30 % - 55 %
Skor 3 jika yang disampaikan tingkat kebenarannnya  56 % - 80 %
Skor 4 jika yang disampaikan tingkat kebenarannnya  81 % - 100 %
3.             Menjawab pertanyaan kelompok lain
Skor 1 jika tidak pernah menjawab pertanyaan dari kelompok lain.
Skor 2 jika berani menjawab namun jawaban kurang tepat.
Skor 3 jika berani menjawab 1 pertanyaan dari kelompok lain dengan jawaban tepat ataumenambah jawaban teman.
Skor 4 jika berani menjawab 2 atau lebih pertanyaan kelompok lain dengan jawaban tepat dan mudah dipahami.
4.             Penggunaan Bahasa dalam presentasi
Skor 1 jika tidak menggunakan bahasa Indonesia
Skor 2 jika menggunakan bahasa campuran
Skor 3 jika presentasi dengan menggunakan bahasa Indonesia namun kurang tepat.
Skor 4 jika presentasi dengan menggunakan bahasa dengan tepat

 x 100
                                     








( Lampiran 3)
Amplop Rahasia (Soal Diskusi)


Rounded Rectangle: 1. Satu kompi pramuka kelas 5 terdiri dari 25 anak dengan tinggi badan yang berbeda- beda, diantaranya; 130cm, 120cm, 125cm, 130cm, 135cm, 140cm, 120cm, 125cm, 130cm, 135cm, 140cm, 130cm, 120cm, 125cm, 135cm, 130cm, 135cm, 140cm, 125, 120cm, 125cm,130cm, 140cm, 125cm, 130cm. Sajikan data tersebut dalam bentuk tabel dan diagram batang!
 









Rounded Rectangle: 2. Siswa kelas 4 diberi tugas untuk mencari daun mangga di halaman sekolah, kemudian daun tersebut akan diukur panjangnya menggunakan penggaris. Panjang daun mangga tersebut diantaranya; 17cm, 18cm, 15cm, 16cm, 15cm, 15cm, 17cm, 15cm, 15cm, 16cm, 18cm, 16cm, 16cm, 17cm, 15cm,17cm, 18cm, 15cm, 17cm. Sajikan data tersebut dalam bentuk tabel dan diagram batang!
 








Rounded Rectangle: 3. Siswa kelas 6 diberi tugas pak guru untuk mengamati dan menghitung banyaknya merk motor yang lewat di depan sekolah mereka diantaranya; Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki, Yamaha, Honda, Yamaha, Suzuki, Yamaha, Honda, Yamaha, Yamaha, Honda, Honda, Honda, Yamaha, Honda, Suzuki, Honda, Kawasaki, Suzuki, Honda. Sajikan data tersebut dalam bentuk tabel dan diagram batang!
 









Rounded Rectangle: 4. Hasil nilai ulangan matematika kelas 3 SD Global yang berjumlah 20 anak sebagai berikut; 7, 8, 6, 7, 8, 9, 6, 8, 8, 7, 9, 6, 8, 8, 7, 9, 6, 7, 7, 8.   Sajikan data tersebut dalam bentuk tabel dan diagram batang!
 








Bonus Soal Diskusi


Rounded Rectangle: 1. Kompi Pramuka
a. Berapa jumlah anak dengan tinggi 125 cm dan 140 cm?
b. Berapa banyak anak yang memiliki tinggi paling rendah?
c. Berapa banyak anak yang mempunyai tinggi badan paling tinggi?
 






Rounded Rectangle: 2. Panjang Daun Mangga
a. Berapa jumlah daun mangga yang dicari siswa kelas 5?
b. Berapa panjang daun mangga yang dicari siswa paling banyak?
c. Berapa jumlah mangga yang memiliki panjang daun 16 cm dan 18 cm?


Rounded Rectangle: 3. Merk Motor
a. Berapa jumlah motor bermerk yang dicatat siswa kelas 6?
b. Merk motor apa yang paling banyak dicacat oleh siswa kelsa 6?
c. Berapa jumlah motor yang bermerk Kawasaki dan Suzuki?


Rounded Rectangle: 4. Nilai Ulangan Matematika
a. Berapa jumlah nilai ulangan matematika kelas 3?
b. Berapa anak yang mendapat nilai 8?
c. Berapa anak yang mendapat nilai 7 dan 8?
 

















1 komentar: