Entri Populer

Senin, 22 April 2013

RPP TEMATIK KELAS 2 SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP TEMATIK)


D:\Δ Smad-Lock (Brankas Smadav) Δ 1\Logo UKSW\sw.jpg
 















NAMA        : HESTI WAHYU AMALIYA
NIM            : 292010062
KELAS      :RS10C




PROGRAM STUDI S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
SALATIGA
2013


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP TEMATIK)

Sekolah                 : SD Mandiri 1
Tema                     : Keindahan
Kelas/ Semester   : II/ 1
Waktu                   : 15 menit

A.    Standarkompetensi   :
·         IPA
1.  Mengenal bagian-bagian utama  tubuh  hewan  dan tumbuhan,  pertumbuhan hewan dan tumbuhan  serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
·        Bahasa Indonesia
6.    Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan  bercerita
·         Matematika
1.    Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
B.     Kompetensi Dasar :
·         IPA
1.1 Mengenal  bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
·         Bahasa Indonesia
Berbicara
6.1  Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain
·         Matematika
1.2   Mengurutkan bilangan sampai 500 (menentukan bilangan ganjil dan genap)

C.    Indikator :
·           Mengenal bagian- bagian tumbuhan
·           Menyebutkan kegunaan bagian- bagian tumbuhan
·           Mendiskripsikan tumbuhan sesuai ciri- cirinya
·           Menentukan bilangan ganjil dan genap

D.    Tujuan Pembelajaran :
·           Setelah guru memasang poster bagian- bagian bunga, siswa dapat menyebutkan 4 bagian bunga dengan benar.
·           Setelah melakukan diskusi secara kelompok tentang kegunaan bagian- bagian tumbuhan, siswa dapat menyebutkan 4 kegunaan bagian- bagian tumbuhan dengan benar.
·           Setelah mengingat bunga- bunga yang pernah siswa lihat dilingkungan sekitarnya, siswa dapat mendiskripsikan gambar bunga sesuai dengan ciri- cirinya dengan benar.
·           Setelah guru dan siswa menghitung bersama- sama banyaknya bunga pada flipcard, siswa dapat menentukan bilangan ganjil dan genap dengan benar.
v        Pendidikan karakter yang diharapkan :
Disiplin (Discipline), Tanggungjawab (responsibility), Ketelitian ( carefulness),  Kerjasama( Cooperation ).
E.                            Model dan Metode Pembelajaran    :
Model : Cooperative Learning
Metode : Perpaduan Inkuiri Terbimbing dan Group Investigation
F.     Kegiatan Pembelajaran        :
·      Kegiatan Awal
Apersepsi   :
§         Guru mengajak siswa bernyanyi “Lihat Kebunku”.
·      Kegiatan Inti
Eksplorasi
§         Guru bertanya kepada siswa mengenai bagian-bagian tumbuhan bunga.
§         Siswa bersama guru melakukan diskusi tentang bagian-bagian tumbuhan bunga dengan menggunakan poster gambar tumbuhan bunga.

Elaborasi
§         Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk mengidentifikasi kegunaan bagian-bagian tumbuhan bunga melalui gambar tumbuhan bunga yang telah dibagikan oleh guru.
§         Siswa secara individu mendiskripsikan gambar tumbuhan bunga yang pernah mereka lihat disekitar lingkungan rumah.
§         Guru bersama siswa membahas cara menentukan bilangan ganjil dan genap dengan menggunakan flipcard gambar bunga.
§         Siswa secara berkelompok mengerjakan soal evaluasi yang telah dibagikan oleh guru.
Konfirmasi
§         Guru bertanya pada siswa tentang kesulitan-kesulitan dalam materi yang telah dipelajari.
§         Guru meluruskan kesalahpahaman dan memberikan penguatan terhadap kegiatan elaborasi.
·      Kegiatan Penutup
§         Guru bersama siswa membuat kesimpulan keseluruhan tentang materi, yaitu: bagian-bagian tumbuhan bunga dan kegunaanya, cara menentukan bilangan ganjil dan genap.
§         Guru memberikan penguatan dengan mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa.
G.    Media dan Sumber Belajar  :
Media pembelajaran : Poster gambar bagian- bagian tumbuhan bunga, gambar- gambar bagian tumbuhan bunga, flipcard gambar bunga, selotip.
Sumber belajar              :
·      Buku paket BSE Ilmu Pengetahuan Alam  SD dan MI kelas II, Heri Sulistyanto dkk.
·      Buku paket BSE Aku Bangga Bahsa Indonesia SD kelas 2, Ismoyo dkk.
·      Buku paket BSE Senang Matematika untuk SD/ MI kelas 2, amin mustoha dkk.
H.    Penilaian (lampiran 1 dan 2):
a.       Penilaian          : Individu dan kelompok
b.      Teknik             : Tes
c.       Bentuk                        : Uraian




























Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Menyebutkan bagian – bagian tumbuhan bunga.






·      Mengidentifikasi kegunaan bagian- bagian tumbuhan bunga.
·      Mendiskripsikan bagian bunga.
·      Menentukan bilangan ganjil dan genap

Tes
24-Point Star: 6624-Point Star: 55Uraian
1.      Sebutkan bagian-bagian tumbuhan  bunga  sesuai  dengan gambar dibawah ini !
2.    Sebutkan 4 kegunaan bagian- bagian tumbuhan bunga!
3.      Diskripsikan gambar bunga yang pernah kamu lihat disekitar tempat tinggalmu!

4.    24-Point Star: 8024-Point Star: 7924-Point Star: 73Hubungkan angka- angka dibawah ini dengan pernyataan yang tepat!













 














Mengetahui,
Kepala SD …………………


(_______________________)
NIP :

Salatiga,…Maret 2013
Guru Mata Pelajaran.


(_______________________)
NIP :


(Lampiran 4)
RUBRIK PENILAIAN DISKUSI

Nama kelompok:
1.       
2.       
3.       
4.       
Kelas / semester:
NO
INDIKATOR
SKOR
1
2
3
4
1
Siswa bertanggung jawab dalam berdiskusi




2
Siswa melakukan kerjasama dengan anggota kelompoknya




3
Kedisiplinan dalam diskusi




Jumlah Skor




 
Keterangan:
·         Indikator Tanggung Jawab
Sangat bertanggung jawab                                        :    skor 4
Bertanggung jawab                                                   :    skor 3
Kurang bertanggung jawab                                       :    skor 2
Tidak bertanggung jawab                                          :    skor 1
·         Indikator Kerjasama
Selalu bekerjasama                                                    :    skor 4
Bekerjasama                                                              :    skor 3
Kurang bekerjasama                                                  :    skor 2
Tidak mau bekerjasama                                             :    skor 1
·         Indikator Kedisiplinan dalam berdiskusi
Sangat disiplin dalam berdiskusi                               :    skor 4
Disiplin dalam berdiskusi                                          :    skor 3
Kurang disiplin dalam berdiskusi                              :    skor 2
Tidak disiplin dalam bekerjasama                             :    skor 1`
·                                                                                                                                                                              Jumlah skor maksimum seluruh indikator  perilaku      :                                                                                   4 x 3 = 12
·                                                                                                                                                                              Jumlah skor  minimum  seluruh indikator perilaku       :                                                                                   1 x 3 = 3
·                                                                                                                                                                              Nilai ideal         :           100
·                                                             x nilai ideal

(Lampiran 1)
MATERI AJAR
1.       Bagian bagian tubuh tumbuhan
ani menyiram mawar setiap sore
daun daunnya bewarna hijau
batangnya juga kuat dan kokoh
karena ditopang oleh akar
akar ada di dalam tanah

2.    Kegunaan bagian bagian tumbuhan
a.    Akar
Dimanakah terdapat akar mawar? Akar mawar berada di dalam tanah. Gunanya adalah untuk menyerap air. Apa yang terjadi bila akar dicabut? tentu tumbuhan akan menjadi layu dan mati.
b.    Batang
Diatas akar ada batang, batang adalah tempat melekatnya daun. Selain itu, batang juga berguna untuk mengokohkan tanaman.
c.     Daun
Mengapa daun tanaman banyak sekali? daun berguna untuk melakukan fotosintesis yaitu kegiatan tumbuhan untuk mengolah makanan.
d.    Bunga
Apa kegunaan bunga? bunga berguna sebagai alat perkembangbiakan.

3.  Mendiskripsikan tumbuhan bunga
Kamu sering melihat tumbuhan bunga dihalaman rumah atau dihalaman sekolahmu! Bagaimana ciri-ciri tumbuhan bunga yang pernah kamu lihat?
Ø      Tanaman bunga apa yang pernah kamu lihat?
Ø      Amati ciri-cirinya!
Misalnya: (bunga mawar)
   Ciri-cinya:  Warna mahkota: merah muda
                                Warna tangkainya: hijau dan ada durinya
                                Warna daunnya: hijau
4.    Cara menentukan bilangan ganjil dan bilangan genap
Ø Bilangan yang tidak habis dibagi 2 disebut bilangan ganjil
Contoh bilangan ganjil adalah 1, 3, 5, 7, 9
Ø Bilangan yang habis dibagi 2 disebut bilangan genap
Contoh bilangan genap adalah 2, 4, 6, 8, 10
Bilangan Ganjil
Bilangan Genap
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

























(Lampiran 2)
Lembar Evaluasi

Kerjakanlah soal di bawah ini dengan teliti!
1.      Sebutkan bagian-bagian tumbuhan  bunga  sesuai  dengan gambar dibawah ini !
2.    Sebutkan 4 kegunaan bagian- bagian tumbuhan bunga!
3.    Deskripsikan  gambar bunga yang pernah kamu lihat disekitar tempat tinggalmu!
4.    Hubungkan angka- angka dibawah ini dengan pernyataan yang tepat!
24-Point Star: 6624-Point Star: 5924-Point Star: 5424-Point Star: 50






Rounded Rectangle: GANJIL
Rounded Rectangle: GENAP
 



24-Point Star: 8424-Point Star: 7924-Point Star: 7524-Point Star: 70

Nama Kelompok:
1.
2.
3.
4.






(Lampiran3)
KUNCI JAWABAN
LEMBAR EVALUASI
1.                                                                                                                                                                                                                                                                                           Bagian- bagian tumbuhan bunga
2.      Empat Kegunaan bagian- bagian tumbuhan bunga
a.         Akar untuk menyerap air.
b.        Batang adalah tempat melekatnya daun.
c.         Daun berguna untuk melakukan fotosintesis yaitu kegiatan tumbuhan untuk mengolah makanan.
d.        Bunga berguna sebagai alat perkembangbiakan.
3. Kebijakan guru
4.
24-Point Star: 6624-Point Star: 5924-Point Star: 5424-Point Star: 53






Rounded Rectangle: GANJIL
Rounded Rectangle: GENAP
 









 
24-Point Star: 8424-Point Star: 7924-Point Star: 7524-Point Star: 70